10 AMALAN HIDUP BERKAH BERLIMPAH

INGIN HIDUP BERKAH BERLIMPAH? Islam adalah jawabannya. Islam mengajarkan agar umat Islam  berjalan sesuai dengan tuntunanNya, mengikuti sunnahNya, tidak lain agar hidup berkah berlimpah, dunia hingga akhirat. Sebaliknya Siapa saja yang mengikuti hawa nafsu dan bujuk rayu syaithon,maka hidupnya pasti akan gelisah dan selalu dirundung kemalangan. Berikut ini setidaknya ada 10 Amalan Hidup Berkah agar menjadi pedoman dan pengingat kita.

  1. Taubat Nashuha
إِلا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلا صَالِحًا فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Kecuali orang-orang yang bertobat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [ Al Furqon : 70 ]

  1. Perbanyak Istighfar

Baginda Nabi Muhammad saw pernah bersabda, ” man lazima al-istigfar, ja’alallahu lahu min kulli dhayyiqin makhrajan; wa min kulli hammin farajan; wa razaqahu min haytsu laa yahtasib“. Artinya, “Siapa yang membiasakan atau mulazamah istighfar, Allah akan menjadikannya jalan keluar (solusi) setiap kesulitannya; Allah akan jadikan solusi (kemudahan dan kegembiraan) setiap kebingungan dan kebimbangannya; dan Allah akan berikan rizki tanpa diduga dan disangka-sangka”

Dzikir dengan sayiddul istighfar

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي, لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ, خَلَقْتَنِي, وَأَنَا عَبْدُكَ, وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اِسْتَطَعْتُ, أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ, أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ, وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي, فَاغْفِرْ لِي; فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ اَلذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

(Allahumma Anta Robbi, Laa Ilaaha Illa Anta, Kholaqtani wa ana abduKa, wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, Audzubika min syarri maa shona’tu, Abu’u laka bi ni’matiKa ‘alaiyya wa abu’u laKa bidzanbi faghfirlii fainnahu laa yaghfiru dzunuuba illa Anta )

Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu (yaitu selalu menjalankan perjanjian-Mu untuk beriman dan ikhlas dalam menjalankan amal ketaatan kepada-Mu) dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau”.

  1. Taqwa Dengan Sebenar-benarnya

Inilah pangkal utama hidup berkah, rizki melimpah dan dengan jamina Allah SWT. Banyak orang melalaikan perkara ini, padahal kesempitan hidup yang dialaminya bermula dari situ. Padahal pekerjaan hati yang satu ini adalah taqwa yang disertai dengan seluruh perbuatannya menyabakan  datangnya pertolongan Allah. Allah Ta’ala telah menyatakan :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا .  وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ

“Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangkanya. ” (QS. Ath Thalaq : 2-3)

  1. Tawakkal
    Amalan agar kita senantiasa dicukupkan Rizkinya oleh Allah, dilapangkan dan diberkahi adalah Tawakkal. Allah berfirman :
وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia akan mencukupi (keperluan)nya. ” (QS. Ath Thalaq : 3)

Yakni ‘barangsiapa yang menyerahkan urusannya kepada Allah niscaya Dia akan mencukupi apa yang dia inginkan,” demikian kata Imam Al Qurthubi dalam dalam Al Jami’ Ahkamul Qur’an, 8/106.

  1. Banyak Bersyukur
    Syukur adalah jalan lain yang Allah berikan kepada kaum mukminin dalam menghadapi kesulitan rezeki.  Amalan hidup berkah berikutnya yang sangat  penting adalah bagaimana senantiasa hati selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT. Dalam surat Ibrohim ayat 7 Allah berfirman :

“Kalau seandainya kalian bersyukur, sungguh-sungguh Kami akan menambah untuk kalian (nikmat-Ku) dan jika kalian mengingkarinya, sesungguhnya adzab-Ku sangat keras.” (QS. Ibrohim : 7)

Oleh karena itu dengan cara bersyukur insya Allah akan mudah urusan rezeki kita. Adapun hakekat syukur adalah : “mengakui nikmat tersebut dari Dzat Yang Maha Memberi nikmat dan tidak mempergunakannya untuk selain ketaatan kepada-Nya,” begitu Al Imam Qurthubi menerangkan kepada kita (tafsir Qurthubi 9/225)

  1. Perbaiki Shalat

Shalat adalah tiangnya agama. Maka termasuk dalam amalah yang menyebabkan hidup berkah adalah menjaga shalat 5 waktu dengan sebaik-baiknya.  Dan dengan menjaga shalat berjamaah bagi laki-laki. Terlebih algi amalan  yang aka dihisap pertama kali di akhirat adalah shalat. Dari Abu Hurairah, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

 إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسَرَ فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ تَبَارَكَ وَتَعَالَى : انَظَرُوْا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ؟ فَيُكْمَلُ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ثُمَّ يَكُوْنُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ ” . وَفِي رِوَايَةٍ : ” ثُمَّ الزَّكَاةُ مِثْلُ ذَلِكَ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ حَسَبَ ذَلِكَ

Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala mengatakan,’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.”  Bilamana shalat seseorang itu baik maka baik pula amalnya, dan bilamana shalat seseorang itu buruk maka buruk pula amalnya.” (HR. Ath-Thabarani)

 7. Perbanyak Sedekah

Amalan agar hidup berkah rizki berlimpah pada point ke 7  ini adalah Sedekah.  Sangat banyak dalil yang mendukung agar kita senantiasa bersedekah untuk menambah keberkahan hidup kita. Allah SWT berfirman :

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلا يُجْزَى إِلا مِثْلَهَا وَهُمْ لا يُظْلَمُونَ

Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan).[ Al AN’am : 160]

 “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bershadaqah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR. Ath Thabrani)

  1. Perbanyak Silaturohmi
    Tidak kalah pentingnya, agar hidup berkah rizki melimpah adalah amalan yang ke 8, memperbanyak silaturahmi keluarga. Dalam hal ini Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

Barangsiapa yang berkeinginan untuk dibentangkan rezeki baginya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menyambung silaturohmi. “ (HR. Bukhori Muslim)

  1. Membela [ menolong ] Agama Allah

Amalan hidup berkah yang ke 9 adalah menjadi penolong agama Allah. Allah SWT berfirman : 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. [ QS. Muhammad : 7 ]

Inti dari menolong agama Allah adalah  :

  • Menolong Rasul-Nya dalam menyebarkan [ dakwah ] dan meneguhkan agama dan risalah yang dibawanya ditengah-tengah manusia sehingga ia berada diatas seluruh agama yang ada di muka bumi ini.
  • Menolong agamanya dengan berupaya menerapkan syariat Islam dan manhaj-Nya sehingga menguasai dunia dan mewarnai seluruh sendi-sendinya dengan nilai-nilai kebaikan yang ada didalamnya mengalahkan berbagai nilai-nilai jahiliyah yang rendah.
  1. Banyak Do’a
    Amalan hidup berkah yang ke 10 adalah DO’a. Allah memberikan senjata yang ampuh bagi muslimin berupa doa. Dengan berdoa seorang muslim insya Allah akan mendapatkan apa yang dia inginkan. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menuntun kita agar berdoa tatkala kita menghadapi kesulitan rezeki.

“Ya Allah aku meminta kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima.” (HR. Ibnu Majah dan yang selainnya)

Sangat banyak do’a-do’a yang seharusnya dipanjatkan kepada Allah yang telah diajarkan Nabi SAW yang hendaknya diamalkan setiap muslim.

Mari kita koreksi diri kita , apakah ke 10 amalah hidup berkah hal diatas sudah kita lakukan atau belum? Hendaknya setiap muslim yang ingin menggapai kebahagiaan dunia dan kemuliaan di akhirat, tidak meninggalkan satu point pun dari 10 amalan yang  telah Nabi Lakukan diatas. Wallahu a’lam bi ash-shawab. Arif Al Qondaly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *